Mendesain Skenario pembelajaran dengan model Discovery Learning dan Inquiry Learning (pert.11)

Dec 03,2019
. Pemberian rangsangan (Stimulation)
Peserta didik melihat tayangan video tentang dua buah usaha rumah makan dengan kondisi yang berbeda. ·

Video 1 : rumah makan yang ramai dikunjungi customer. Video 2 : rumah makan kecantikan yang sepi pengunjung
Peserta didik duduk berkelompok (satu kelompok terdiri dari 4 orang)
B. Pernyataan / identifikasi masalah (problem statement)

· Guru mempersilahkan siswa untuk melakukan identifikasi terhadap 2 buah tayangan video mengenai dua kondisi usaha rumah makan yang berbeda disertai alasannya.·

Peserta didik melakukan identifikasi terhadap kondisi kedua rumah makan yang berbeda tersebut, disertai alasannya. ·

Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok melakukan identifikasi alasan mengapa rumah makan 1 lebih banyak dikunjungi konsumen, sedangkan rumah makan 2 sangat sepi pengunjung.

Peserta didik melakukan proses identifikasi melalui diskusi kelompok dan menulisakan hasil identifikasinya dalam lembar notulensi.

C. Pengumpulan data (Data Collection)
· Guru mengajak siswa untuk melakukan observasi terhadap sebuah usah rumah makan yang dekat dengan lingkungan sekolah, untuk proses pengumpulan data dan informasi yang diperlukan mengenai promosi yang dilakukan. ·

Siswa melakukan observasi ke sebuah usaha rumah makan. ·

Guru mempersilahkan siswa untuk mencari informasi dan data-data tambahan dari buku sumber serta internet.

Siswa melakukan proses pengumpulan data dan informasi dari buku sumber dan internet, lalu mencatatkannya pada lembar notulensi.

D. Pengolahan Data (Data Processing)
· Guru menginstruksikan siswa untuk mengolah data yang didapatkan dengan menyusun sebuah laporan hasil observasi

Siswa membuat laporan hasil observasi

E. Pembuktian (verification)
Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membandingkan hasil pencarian data yang diperoleh melalui observasi, buku, informasi dan internet dengan hasil hipotesis di awal
mengenai bentuk promosi yang tepat dilakukan oleh sebuah usaha rumah makan agar ramai dikunjungi customer.

Siswa secara berkelompok berdiskusi membuat perbandingan dan verifikasi terhadap data dan informasi yang diperoleh dan mencatatkan hasil verifikasinya dalam lembar notulensi.

F. Menarik kesimpulan (generalization)
· Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji.·

Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar notulensi.
· Guru mempersilahkan siswa secara berkelompok untuk membuat kesimpulan mengenai materi yang dikaji. ·

Siswa secara berkelompok membuat kesimpulan terhadap materi yang dikaji dan menuliskannya dalam lembar notulensi.
Penutup (15 menit)
1. Secara bersama-sama siswa diminta untuk menyimpulkan tentang konsep promosi, tujuan promosi, bentuk promosi, serta bauran promosi.

2. Guru memberikan konfirmasi dan penguatan terhadap kesimpulan dari hasil pembelajaran.

3. Guru menanyakan kembali terkait materi yang disampaikan kepada siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi.

4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan pada siswa untuk mempelajari materi berikutnya.

5. Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebagai kegiatan penutup pembelajaran.
B. Desain Pembelajaran Inquiry Nama Sekolah : SMK PGRI 13Program Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Mata Pelajaran : Strategi Pemasaran
Kelas / Semester : X BDP / 1
Pertemuan Ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit (2 JP)
Pendahuluan :
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.

2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Kegiatan Inti :
1. Orientasi
Ø Guru menyajikan materi tentang kegiatan strategi pemasaran, konsep strategi pemasaran (siklus hidup produk / PLC), dan peserta didik diminta untuk mengamatinya.

Ø Guru mengorientasikan siswa untuk mengidentifikasi materi yang diajarkan
2. Merumuskan masalah
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan terkait materi strategi pemasaran yang telah dipelajari dari beberapa literatur.

3. Merumuskan hipotesis

Ø Dengan tanya jawab, siswa dan guru dapat menyimpulkan dugaan jawaban sementara terkait materi yang dipertanyakan sehingga guru dapat membuka cakrawala penerapan pemasaran dalam kehidupan sehari hari.
4.Mengumpulkan data
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan data atau informasi tentang kegiatan srategi pemasaran dan siklus hidup produk yang melalui 4 tahap, mulai dari pengenalan, pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan
5.Menguji hipotesis

Ø Guru mengarahkan siswa untuk menganalisis data yang diperoleh agar dapat menemukan hasil hipotesis yang sesungguhnya terkait materi strategi pemasaran.
6. Merumuskan Kesimpulan

Ø Guru meminta siswa untuk menyimpulkan hasil analisis data yang sudah diolah berdasarkan teori yang digunakan.

Siswa diminta untuk menampilkan hasil diskusi didepan kelas dan kelompok yang lain menanggapi.

- Penutup-

- Siswa bersama guru melakukan refleksi dan membuat kesimpulan.

- Guru menanyakan kembali terkait materi yang sudah dijelaskan untuk megevaluasi tingkat pemahaman terhadap siswa.
- Guru memberikan sedikit penjelasan mengenai materi untuk pertemuan berikutnya.

- Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas.